Monday, April 18, 2011

PANTAI PANGANDARAN

Pantai  Pangandaran merupakan objek wisata yang sangat dikenal di wilayah jawa barat, terletak di desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran dengan jarak sekitar + 92 Km kearah selatan Kota Ciamis. Pantai Pangandaran dianggap sebagai pantai yang terbaik menurut AsiaRoom (Perusahaan situs web penyedia layanan reservasi hotel online untuk wilayah Asia - Oceania), karena dianggap memiliki beberapa keistimewaan sebagai berikut:  

- Dapat melihat matahari terbit dan tenggelam dari tempat yang sama
- Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
- Memiliki hamparan pasir putih.
- Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai
- Memiliki taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
- Terdapat Cagar Alam sebagai penunjang wisata lainnya selain wisata pantai.
- Terdapat Pasar rakyat yang menjajakan souvenir serta oleh-oleh hasil laut.
Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, naik perahu, memancing, naik jetski, paraseiling, ataupun keliling pantai sambil bersepeda
Pantai Pangandaran memiliki fasilitas cukup Lengkap
- Lapangan Parkir yang Luas.
- Pusat Layanan seperti Pos, Telekomunikasi, money Changer
- Hotel, penginapan, resto serta discotik
- Pusat Informasi Wisata dan Pramuwisata
- Bumi perkemahan
- Persewaan sepeda dan ban renang.
- Pasar wisata
- Lokasi wisata penunjang seperti cagar Alam dan  Pantai Pasir Putih
Kawasan pantai Pangandaran memiliki puluhan penginapan / hotel bahkan ratusan dari yang kelas melati hingga klas bintang 5 dengan harga yang bervariasi yang bisa disesuaikan dengan kantong wisatawan yang datang. Beberapa Hotel tersebut sebagai berikut : Hotel Laut Biru, Hotel Surya Kencana, Hotel Nyiur, Hotel Hawai, Hotel Mustika Ratu, Hotel Fortuna, Hotel Sri Rahayu dan masih banyak lagi yang lainnya.
Setiap tahun Pantai Pangandaran mengadakan event atau acara tahunan seperti
Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.
Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli

No comments:

Post a Comment